Browse > Berita Terbaru > Pertempuran Margarana di Bali

Pertempuran Margarana di Bali

Pertempuran Margarana di Bali - Pertempuran Margarana Bali dilatarbelakangi oleh kedatangan Belanda pada tanggal 2 Maret 1946, sekitar 2.000 tentara Belanda mendarat di Bali, untuk kembali menanamkan kekuasaannya melalui pembentukan negara boneka di Indonesia Timur.

Untuk keinginan tersebut Belanda mengajak Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai ikut serta dalam rapat pembentukan negara boneka akan tetapi ditolak oleh I Gusti Ngurah Rai, bahkan I Gusti Ngurah Rai mengadakan serangan terhadap pihak Belanda di daerah Tabanan pada tanggal 18 November 1946, hal ini dilakukannya sebagai perwujudan anti penjajahan. Ia melakukan serangan dengan sekuat tenaga namun karena kekuatannya tidak seimbang, maka pasukan Ngurah Rai terdesak, meskipun begitu mereka terus bertempur sampai titik darah penghabisan. I Gusti Ngurai Rai gugur beserta seluruh anak buahnya. Pertempuran Margarana yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai tersebut kemudian dikenal dengan nama Puputan yang berarti pertempuran sampai titik darah penghabisan.

Demikianlah sejarah mengenai Pertempuran Margarana di Bali. Baca juga artikel lainnya yaitu Pertempuran Ambarawa 21 November 1945.


Diposting pada: 2014-02-02, oleh : mushlihin, Kategori: Berita Terbaru
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url   Tanpa http:// exp :www.pendidikanonline.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas